Cara Menjodohkan Burung Jalak Suren / Uren

Salah satu jenis burung jalak yang bisa dibudidayakan yaitu Jalak suren atau jalak uren. Jalak suren memiliki nama latin strunus contra,  burung ini merupakan burung yang bisa ditemukan dalam kelompok kecil di dataran rednah dan di kaki lembah. Burung jalak jenis ini tersebar di berbagai Anak Benua India dan Asia Tenggara.

jalak uren

Burung jalak suren memiliki 5 sub-spesies dengan variasi bulu yang berbeda. Umumnya jalak ini memiliki ukuran hingga 24 cm dengan warna tubuh didominasi hitam dan putih. Iris berwarna abu-abu dengan kulit tanpa bulu disekitar mata yang berwarna jingga. Paruh berwarna merah dengan ujung putih dan kaki berwarna kuning.  Sedangkan bagian tubuh lainnya berwarna hitam. Burung jalak suren jantan dan betina terlihat mirip, keduanya juga sama-sama senang berkicau dan pintar menirukan suara burung lain.

Bagi anda yang tertarik menternakan burung cerdas ini. Ada beberapa tips untuk menjodohkan burung jalak suren jika anda membeli jalak suren jantan dan betina secara terpisah atau belum berjodoh, diantaranya adalah
  • ·         Usia
Selain sehat dan cacat fisik, dalam menjodohkan burung jalak suren juga perlu memperhatikan faktor umur untuk keberhasilan perjodohan. Burung jalak suren jantan yang telah birahi dan siap kawin biasanya berumur sekitar 1 tahun. Sedangkan untuk burung jalak betina, pilih indukan yang telah berumur sekitar 1,5 tahun keatas, atau yang paling idela berumur 2 tahun. Pastikan juga untuk memilih induka yang tela jinak agar proses menjodohkan burung jalak menjadi lebih mudah.

  • ·         Perkenalan
jalak suren

Tahap perkenalan dalam menjodohkan burung jalak suren susah-susah gampang, alih-alih berjodoh, jika langkah yang kita ambil salah justru akan membuat kedua jalak bertengkar dan mengakibatkan kematian pada salah satu burung.

Cara yang paling efektif yaitu dengan meletakkan kedua burung didalam sangkar terpisah dan letakkan sekat diantaranya. Posisikan wadah pakan dan tempat bertengger secara berdekatan.

Selanjutnya tunggu beberapa waktu sambil mengamati perilaku burung. Jika burung mulai berkicau bersahutan dan tidur secara berdekatan, mulai lah mebuka sekat diantara keduanya. Sampai pada tahap ini jangan dulu meletakan burung dalam satu sangkar. Biarkan masing-masing burung tetap beradaptasi dengan pasangannya. Terus amati perilakunya.  Jika burung jalak suren terlihat saling menyerang anda bisa menyemprotkan air pada salah satu burung, jika tidak berhasil tutup kembali sangkar dengan sekat. Langkah ini bisa dilakukan sampai burung benar-benar tidak saling menyerang.

  • ·         Penempatan pada sangkar penangkaran

Tips menjodohkan burung jalak suren selanjutnya setelah proses perkanalan berhasil yaitu dengan memasukan dahulu burung betina kedalam sangkar penangkaran agar burung betina mulai beradaptasi dengan sangkar barunya, sedangkan burung jantan tetap di sangkar semula, namun masukan sangkar jantan kedalam sangkar betina. Jika burung terlihat berkicau saling bersahutan dan betina tidur bertengger di sangkar jantan. Maka bisa dipastikan berjodoh dan  burung jantan bisa dilepaskan dalam sangkar penagkaran, sebaiknya lepas burung jantan dalam sangkar penangkaran pada waktu sore hari, karena pada waktu ini burung akan segera beristirahat dan menghindari perkelahian satu sama lain.

Pada tahap ini tetap amati perilaku burung, jika sudah berjodoh maka burung akan cenderung tidur secara berdekatan. Namun bila masih terjadi perkelahian, segera pisahkan burung dan ulangi proses perjodohan dari awal.

Proses menjodohkan burung jalak suren memang memerlukan waktu yang cukup lama, bisa satu minggu bisa juga lebih dari itu. Namun jika burung sudah berjodoh, maka burung jalak suren akan segera melakukan perkawinan. Biasanya betina akan bertelur 4 hingga 6 butir. Nah, itulah beberapa tips menjodohkan burung jalak suren. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menjodohkan Burung Jalak Suren / Uren"

Posting Komentar