Desain Cara Membuat Kandang Puyuh

Burung puyuh merupakan burung dengan tubuh yang gempal dan kecil. Namun meski gempal, burung ini memiliki kemampuan berlari yang tak bisa diremehkan, beberapa spesies bahakan memiliki kemampuan untuk terbang. Di pulau Jawa burung ini dikenal dengan nama burung gemek. Pakan burung puyuh yaitu berupa biji-bijian dan serangga-serangga berukuran kecil.

desain kandang puyuh

Dalam ternak burung puyuh perhitungan penematan lokasi kandang harus cukup diperhatikan. Tak bisa sembarangan, hal ini dikarenakan diperlukan lahan yang cukup luas untuk ternak burung puyuh. Berikut kita simak tips-tips membuat kandang ternak burung puyuh.
  •  Pemilihan lokasi
ternak burung puyuh


Hal pertama yang harus diperhatikan dalam ternak burung puyuh yaitu adalah lokasi. Pastikan untuk memilih lokasi yang jauh dari pemukiman namun tetap bisa dijangkau dengan mudah menggunakan transportasi darat. Pilih juga lokasi yang minim dari penyebaran wabah penyakit dan bebas dari banjir.
  • Membuat kandang
Dalam membuat kandang untuk ternak burung puyuh hal yang harus diperhatikan yaitu suhu kandang yang berada pada temperatur 20-25 derajat celcius dengan kelembaban udara 30-80%. Perhatikan pula siklus pergantian udara, agar udara di dalam kandang selalu berganti.
Untuk model kandang burung puyuh ada dua jenis, yaitu kandang model litter dengan lantai berupa sekam dan kandang model batere, dimana kandang odel ini menggunkan sistem sangkar. Pada kedua model berikan penerangan pada siang maupun malam hari. Pada siang hari gunakan penerangan dengan bohlam berdaya 25-40 watt, untuk malam hari gunakan bohlam berdaya 40-60 watt.
Kepadatan kandang dibuat 1muntuk 90-100 ekor puyuh anakan. 60 ekor/m2 setelah puyuh berumur 10 hari sampai lepas masa anakan dan 40 ekor/m2 stelah puyuh memasuki masa bertelur. Kandang untuk ternak burung puyuh terdiri dari 3 b, bagian yaitu :

a.       Kandang grower dan layer
Kandang kedua dalam ternak burung puyuh yaitu kandang grower dan layer, kandnang ini befungsi untuk menampung anakan puyuh yang sudah grower pada umur 3-6 minggu dan layer pada umur lebih dari 6 minggu.

b.      Kandang stater
Kandang ini diperuntukan bagi anak burung puyuh yang masih tergolong stater. Puyuh stater berumur dibawah 3 minggu. Kandang ini berfungsi untuk mengoptimalkan perawatan anakan burung puyuh. Perawatan berkisar antara kepadatan kandang dan pengaturan suhu ruang.

c.       Kandang pembibitan indukan
Kandang ini berfungsi untuk produktvitas  telur dengan kulaitas yang baik. Ukuran kandang pembibitan burung puyuh disesuaikan dengan jumlah puyuh yang diternakan, idelanya berukuran 20m2 dengan 5 lantai, pada masing-masing lantai dipasangi triplek untuk mempermudah penampungan dan pembuangan kotoran. Bersihkan kotoran maksimal 3 hari sekali.


  •  Peralatan Kandang
Selain kenyamanan kandang, peralatan kandang pun harus selalu dipenuhi dalam ternak burung puyuh. Sediakan alat kebersihan untuk membersihkan kandang, agar burung puyuh terhindar dari virus dan bakteri. Jangan lupa juga untuk menyediakan peralatan makan dan minum. Untuk penempatan tempat makan harus disesuaikan dengan lubang tempat masuk kepala puyuh. Sedangkan untuk penempatan tempat minum diletakan di samping kandang setiap lantai. Pemberian makan dan minum dilakukan sekali sehari pada siang atau sore hari.

Ternak burung puyuh tidak hanya menghasilkan telur puyuh, namun daging burung puyuh pun dapat dikonsumsi. Peluang bisnis yang cukup menggiurkan bukan? Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Desain Cara Membuat Kandang Puyuh"

Posting Komentar